Minggu, 14 April 2013

Kalau Bukan Saya, Siapa lagi ??


Apakah sudah merata pendidikan ke pelosok=pelosok negeri Indonesia yang memang kekayaan alam laur biasa melimpah ? jauh dari layak, mulai dari kelas seperti kandang ayam, genting dan atap kelas yang rusak berlubang dan bila hujan datang kegiatan belajar harus berhenti. Belum lagi kesejahteraan guru terpencil dan peningkatan pendidikan dari tenaga guru itu sendiri tiada tergapai pula.
Bagaimana mau pintar dan cerdas bangsa kita ini bila pendidikannya tidak merata? Ada kisah menyentuh seorang guru yang berada di tanah Papua daerah kaki gunung Jayawijaya Papua lulusan SD bernama Kolintanma Rosumbre.
Dia ikhlas mengajar kepada murid-muridnya yang berjumlah 15 orang dengan kondisi kelas seadanya dari kayu-kayu, 1 papan tulis, tidak ada meja guru, tidak ada meja bagi muridnya, murid-murid membawa kertas bekas untuk menulis, murid-muridnya pun tak berseragam, bahkan ada yang telanjang.“saya melihat mereka antusias untuk belajar itu sungguh luar biasa. Senang saya karena dengan keinginan dan tekadlah yang mampu mempercepat transformasi ilmu saya kepada mereka, walaupun kemampuan saya hanya bisa mengajari membaca menulis dan menghitung sederhana. Cerita guru lulusan SD ini.”
Saya merasa kasihan dan sedih melihat anak-anak di sini tidak merasakan pendidikan walaupun hanya membaca, menulis, dan berhitung karena dengan dasar itulah saya mengajar mereka agar bisa mentas dari kebutaan ilmu.”
“kalau bukan saya, lalu siapa lagi yang memberikan sedikit ilmu kepada mereka, meskipun saya hanya lulusan SD akan saya beri pula semngat untuk menjadi guru dan mengajar disini.”
Guru bijak dan sabar itu menghela nafas panjang.
“coba bayangkan saja akan menjadi apa bangsa ini bila tidak ada guru ?” ucap Rosumbre dengan mata berkaca-kaca dan tanapa alas kaki ini.
“harapan saya tidak banyak kepada pemerintah Indonesia ini, bersungguhlah dalam mencerdaskan bangsa ini karena itu kita mampu mengelola kekayaan alam kita secara mandiri.”
Itulah sekelumit curahan guru di daerah terpencil yang mengajar dari hati karena tuntutan nurani, bukan materi !

Sumber : Buku karya Endelweis Almira “GURU, hidupmu hanya untuk kami”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar